Kamis, 28 Mei 2015

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan



Bagian dari tanaman sirsak yang sangat sering digemari oleh kebanyakan orang pada umumnya adalah buah sirsak. Buah sirsak sering dijadikan sebagai minuman jus dan rasanya memang lezat dan nikmat untuk diminum. 

Namun, selain buahnya, bagian sirsak yang juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi adalah daun sirsak. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya daun sirsak? Kelihatannya sangat tidak enak, tetapi manfaat daun sirsak berikut ini akan membantu Anda untuk lebih berminat pada daun tersebut.



Berbagai Manfaat Daun Sirsak


Sirsak memiliki nama latin Annona muricata L. Pada umumnya, orang menanam pohon sirsak untuk menikmati ataupun menjual buahnya saja. Manfaat daun sirsak masih tergolong jarang diketahui, padahal dalam pengobatan, daun sirsak sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk mengatasi berbagai penyakit.

Asam Urat

Penyakit asam urat kebanyakan dialami oleh orang berusia 30 tahun ke atas. Asam urat dianggap sebagai penyakit yang sulit diatasi dan penderitanya cenderung menggunakan obat-obatan sejenis steroid yang dapat menimbulkan efek ketergantungan. Bukannya sembuh, cara tersebut hanya akan mempersulit keadaan. Manfaat daun sirsak sangat cocok bagi penderita asam urat.

Agar kadar asam urat menurun, sediakan beberapa lembar daun sirsak. Bersihkan dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut baik dalam keadaan hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin secara teratur setiap hari.

Untuk mengatasi eksim rematik, sediakan beberapa lembar daun sirsak yang sudah bersih. Haluskan kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Anti Kanker

Penyakit kanker tidak hanya dapat diatasi dengan melalukan operasi yang menuntut biaya besar ataupun mesti melakukan pengobatan ke luar negeri. Dengan daun sirsak, pertumbuhan kanker dalam tubuh dapat berkurang, terhambat, bahkan diatasi secara tuntas. 

Bahkan, daun sirsak sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat baik dalam bentuk kapsul ataupun pil yang digunakan untuk obat penyakit kanker. Karena itu, lebih bermanfaat lagi jika Anda mengkonsumsi daun sirsak yang masih segar tanpa campuran bahan kimia.
Sediakan daun sirsak sebanyak 20 lembar, kemudian dicuci hingga bersih. Rebus daun-daun tersebut dalam lima gelas air.

Biarkan mendidih hingga air berkurang dan menyisakan sekitar tiga gelas air. Minum air rebusan daun sirsak sebanyak tiga kali sehari secara teratur setiap harinya sampai penyakit kanker Anda sembuh.

Daun sirsak sudah teruji secara klinik ampuh dalam mengatasi kanker tanpa adanya efek samping yang berbahaya. Selain sebagai tindakan pengobatan, manfaat daun sirsak dapat digunakan sebagai pencegahan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pengganti Kemoterapi

Kemoterapi dapat menyebabkan rasa sakit, rambut rontok, dan efek samping negatif lainnya. Alternatifnya dapat dilakukan dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin.

Manfaat daun sirsak dapat dipadukan dengan daun sirih untuk hasil yang lebih optimal lagi. Daun sirsak juga berguna untuk mengatasi radang usus, gangguan pencernaan seperti diare dan ambeien, masalah tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, biasakan mengkonsumsi daun sirsak sejak dini!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar